Sabtu, 08 Januari 2011

Steins;Gate (シュタインズ ゲート)

Konbanwa (menjelang "ohayou") minna!!!!!!!!!!! Huwaa.... hii-chan kangen banget ama blog ini.... blog,,,,, kamu tahu gimana kangennya hii-chan ama kamu??? (blog: tau ah.... emang gua pikirin... siapa lo??? lagipula lebay banget sih??!!) Nah,,, kali ini hii-chan mau bahas tentang Steins;Gate. Tau gak???? Visual novel yang satu ini bisa dibilang KEREN banget. hii-chan lagi suka-sukanya ama salah satu karakter di game ini, yaitu si Kurisu. hehehe...
Oh ya,,, sedikit curhat nih... Sebenernya hii-chan pengen bahas Shinryaku! Ika Musume kayak yang di-request ama Naa-chan,,, tapi bahannya ga cukup. Pas lagi search bahan buat Ika Musume,,, hii-chan teringat ama Kurisu-chan... trus jadi seach tentang Steins;Gate deh... Pertamanya cuma iseng, eh keterusan.... Gomen ne,, Naa-chan... Ika Musume-nya ditunda dulu yaa... Kali ini Steins;Gate dulu. Ok???
***
Steins;Gate adalah visual novel yang dikembangkan *kayak bunga aja..* ama 5pb. & Nitroplus. Character design untuk game ini ditangani ama huke yang pernah menangani character-character untuk anime Black Rock Shooter, sementara gadget-gadget keren di game ini digambar sama
Sh@rp. Skenario game ini ditulis ama Hayashi Naotaka dari 5pb. n Shimokura Vio dari Nitroplus. Produsernya adalah Matsuhara Tatsuya dari 5pb, dibantu sama Pehara Touso dari 5pb. untuk urusan art director. Musiknya disajikan sama Abo Takeshi dari 5pb., nggak lupa juga Isoe Toshimichi dari Zizz Studio. Visual novel ini sendiri dirilis pada tanggal 15 Oktober 2009 untuk konsol Xbox 360. Nah,, Steins;Gate ini adalah proyek kedua dimana 5pb. & Nitroplus bekerjasama. Sebelumnya, 5pb. & Nitroplus udah pernah kerjasama pas bikin game Chaos:HEAd. Trus, tanggal 26 Agustus 2010 kemaren versi game untuk PC dengan OS Windows dirilis. Jadi para fans Steins;Gate gak hanya bisa main di Xbox, tapi juga di PC mereka.
Game ini dijabarkan oleh pembuatnya sebagai "hypothetical science ADV". Steins;Gate adalah game yang mencapurkan 99% “reality” n 1% “fantasy” dari oara pembuatnya. Game ini mempunyai skenario linear yang "ditentukan" dari sononya dengan program interaksi. hehehe....
How to Play Steins;Gate :
Cara mainnya lumayan gampang kok. Game ini memerlukan sedikit interaksi dari player karena sebagian besar durasi game ini dipakai buat membaca teks yang muncul di layar. Teks-teks itu berisi percakapan atau isi pikiran para karakter. Seperti visual novel pada umumnya, Steins;Gate mempunyai beberapa poin tertentu dimana para player diberi kebebasan untuk menentukan arah cerita di game.
Poin-poin keputusan yang ada di game ini disebut "phone trigger". Sistem ini sama kok kayak sistem "Delusion trigger" yang ada di Chaos:HEAd. Jadi,, buat yang udah pernah main Chaos:HEAd, ga usah bingung lagi pas main Steins;Gate. Hampir semua sistemnya sama, kok. Pengembangnya aja sama, kan?? Pas player nerima telepon dari sesorang (?), player bisa milih telepon itu mau diangkat apa nggak. Terus, pesan masuk yang diterima player akan mengandung kata-kata khusus yang digarisbawahi atau diberi warna biru, kayak hyperlink di browser gitu, deh. Player juga bisa milih, pesan itu mau dibales apa ngga. Kebanyakan telepon dan pesan yang diterima player sebenernya ga ditanggepin juga ngga apa-apa, toh ga ada pengaruhnya ama alur game. Tapi,,, tetep aja ada beberapa telepon dan pesan yang minta balasan dari player. Tergantung player juga mau bales telepon & pesan-pesan itu kayak gimana. Balasan-balasan yang dibuat player itulah yang bakal memengaruhi jalan cerita Steins;Gate selanjutnya.
Setting and Themes of Steins;Gate :
Steins;Gate bersetting musim panas tahun 2010 di Akihabara, sekitar satu tahun setelah peristiwa yang terjadi di game Chaos;HEAd. Bangunan seperti Radio Kaikan Building yang berada di Akihabara sungguhan dapat dilihat digame ini. Menurut Shikura Chiyomaru, yang mengepalai proyek Steins;Gate, Akihabara dipilih karena itu adalah tempat untuk memperoleh hardware-hardware dengan mudah *secara,,, surga otaku gitu lho..*, sangat cocok sama image para anggota Future Gadget Laboratory. Tema dari game ini adalah perjalanan waktu, dimana para tokohnya beberapa kali melakukan perjalanan waktu ke masa lalu untuk mengubah apa yang terjadi di masa depan.
Characters of Steins;Gate :
* Okabe Rintarou (seiyuu: Miyano Mamoru), sang Mad Scientist. Mengkalim dirinya sebagai Houin Kyouma saat berkenalan dengan orang lain.
* Makise Kurisu (seiyuu: Imai Asami), seorang peneliti ilmu saraf jenius yang penelitian pertamanya dipublikasikan di jurnal akademik sains saat dirinya masih berumur 18 tahun di universitas.
* Shiina Mayuri (seiyuu: Hanazawa Kana), teman masa kecil Rintarou yang agak bego. Hobinya adalah membuat pakaian cosplay dan bekerja di sebuah maid cafe "Mayqueen Nyannyan"
* Itaru Hashida (seiyuu: Seki Tomokazu), seorang hacker berpengalaman baik dalam hal hardware maupun software. Ia juga mempunyai pengetahuan tentang otaku culture.
* Amane Suzuha (seiyuu: Tamura Yukari), seorang pekerja part-time di flat milik Rintarou dalam usaha pencarian ayahnya di Akihabara. Ia sangat suka mengendarai sepedanya, dan tampaknya tidak menyukai satu sama lain dengan Kurisu untuk alasan yang tidak jelas.
* Urushibara Ruka (seiyuu: Kobayashi Yuu), bishonen "cantik" yang suka memakai pakaian miko. Ruka adalah teman dekat Mayuri dan sering diminta untuk mencoba pakaian cosplay buatannya.
* Feiris Nyannyan (seiyuu: Momoi Haruko), teman Mayuri yang sama-sama bekerja di maid cafe "Mayqueen Nyannyan"
* Kiryu Moeka (seiyuu: Gotou Saori), adalah seorang gadis berperawakan tinggi yang sedang mencari PC IBN 5100 di Akihabara. Moeka sangat menyayangi handphone-nya dan menjadi sangat gelisah jika seseorang berusaha mengambilnya. Ia juga sangat pemalu, sehingga lebih memilih untukberkomunikasi lewat pesan daripada berbicara langsung dengan orang lain.
Story line of Steins;Gate :
Steins;Gate dimulai pada tanggal 28 Juli 2010. Saat Rintarou dan Mayuri sedang menuju Gedung Radio Kaikan, mereka menemukan tubuh Kurisu yang bersimbah darah. Rintarou panik lalu meninggalkan gedung tersebut bersama Mayuri. Dia lalu mengirim pesan kepada Hashida tentang orang-orang di sekitarnya yang tiba-tiba lenyap. Namun, setelah beberapa saat, orang-orang di sekitarnya muncul kembali dan tampaknya tak mengalami fenomena yang sama yang telah terjadi pada Rintarou.
Rintarou dan Hashida lalu berlari ke arah Kurisu yang sama yang ada di dalam Gedung Radio Kaikan. Mereka menganggap bahwa Kurisu telah sembuh dari lukanya. Di dalam gedung, Hashida berkata kepada Rintarou bahwa Ia menerima pesan yang dijabarkan Rintarou seminggu yang lalu. Mereka lalu menyadari kalau microwave modifikasi mereka dapat digunakan untuk mengirim pesan ke masa lalu. Pesan itu mereka namai "D mail".
Beberapa waktu berselang, sebuah organisasi bernama SERN yang berkonsentrasi dengan penelitian perjalanan waktu, berhasil mengirim beberapa orang kembali ke masa lalu, walaupun tampaknya semua "test subject" mereka meninggal (meniggal?? sopan banget sih,,, sekali-sekali pake kata mampus napa?!) setelah sampai di masa lalu. Tertarik untuk melampaui SERN, Kurisu lalu meningkatkan kemampuan microwave modifikasi mereka sehingga dapat mengirimkan ingatan seseorang kembali ke masa lalu. Ini memungkinkan microwave itu juga dapat mengirim seseorang ke masa lalu.
SERN mengetahui tentang keberadaan Rintarou dan kawan-kawan karena D mail pertama mereka yang secara tidak sengaja terkirim tanggal 28 Juli ditemukan. SERN lalu menjalankan operasi mereka dan mengirim satu unit pasukan mereka untuk merebut microwave modifikasi anggota Future Gadget Laboratory (merebutin microwave doang ampe segitunya... beli di toko elektronik kan banyak... paling berapa sih harganya... secara microwave doang gitu... :p) Dalam operasi yang dijalankan SERN, Mayuri terbunuh oleh salah satu anggota unit SERN. Rintarou yang mencoba menyelamatkan Mayuri pergi melakukan perjalanan ke beberapa waktu di masa lalu. Namun, usahanya terbukti sia-sia,,, karena Mayuri tetap mati terbunuh, bahakan dalam skenario dimana anggota-anggota Future Gadget Laboratory berusaha untuk menghindari para anggota SERN di game.
Rintarou kemudian menemukan lagi PC IBN 5100 miliknya yang hilang sebelumnya. Dengan PC itu, Hashida dapat meng-crack sistem SERN dan menghapus bukti D mail pertama mereka. Namun, Rintarou menyadari bahwa usahanya itu akan membawanya ke kejadian tanggal 28 Juli dimana Kurisu dibunuh dengan bersimbah darah di Gedung Radio Kaikan. Ini berarti, Rintarou harus mengorbankan Kurisu atau Mayuri untuk menyelamatkan salah satu dari mereka. Kurisu lalu memilih untuk mengorbankan dirinya, lalu akhirnya Rintarou menghapus bukti D mail mereka.
====================================================================
Beberapa waktu kemudian, Suzuha datang dari tahun 2036 dan meminta Rintarou untuk menyelamatkan Kurisu dari takdirnya untuk mati dengan tujuan mengubah masa depan dan menghentikan Perang Dunia III. Naun, operasi penyelamatan Kurisu berakhir dengan Rintarou yang tidaksengaja membunuh Kurisu. Kegagalan ini ternyata telah diperhitungkan dengan diterimanya D mail berbentuk video dari Rintarou di tahun 2025. Karena tidak bisa menyelamatkan Kurisu, Rintarou dan Hashida di tahun 2025 menghabiskan sisa hidup mereka untuk meningkatkan kemampuna D mail yang juga dapat digunakan sebagai mesin waktu agar mereka bisa memberitahu Rintarou yang sekarang untuk menyelamatkan Kurisu. Namun, jika Rintarou menyelamatkan Kurisu,sebuah paradoks (berat gila bahasanya..) waktu akan terjadi. Rintarou tahun 2025 lalu memberitahu Rintarou yang sekarang untuk menciptakan sebuah situasi dimana seolah-olah Kurisu mati dengan tujuan menipu Rintarou tanggal 28 Juli untuk mengirim D mail-nya, yang memicu kejadian-kejadian ini.
Rintarou dan Suzuha lalu kembali ke masa lalu untuk kedua kalinya dan melakuakn apa yang diperintahkan Rintarou tahun 2025, yang menurut Rintarou saat ini tidak berguna. Dia melindungi Kurisu dari para anggota SERN, dan sebagai gantinya, Rintarou pun ditusuk. Rintarou lalu menyerang Kurisu dengan stun gun-nya dan membaringkan Kurisu yang pingsan di genangan darahnya, seperti yang Ia lihat pada tanggal 28 Juli. Sementara itu, para anggota SERN kabur dalam ketakutan. Rintarou dan Suzuha lalu kembali ke masanya dengan keyakinan bahwa masa depan telah berubah. Dalam adegan akhir gae, Rintarou akhirnya dapat bertemu lagi dengan Kurisu secara kebetulan di sebuah jalan di Akihabara (soooo sweeeeeett.... *nangis darah*)
(NB: storyline-nya hii-chan terjemahin sendiri,,, jadi gomen minna-san kalo gak akurat,, maaf banget.... bahasa inggris n jepang hii-chan kan masih mada mada... harap maklum yaa... abis bahasanya banyak yang susah, sih.. *bersujud*)
Adaptations from Steins;Gate :
Steins;Gate telah diadaptasi jadi internet radio broadcast lho... Judulnya "Steins;Gate radio Future Gadget Radio Show" yang mulai dapat dinikmati tanggal 11 September 2009. Siarannya dapat dinikmati setiap hari Jum'at, dan diproduksi sama HiBiKi Radio Station. Acara ini dipandu sama Imai Asami, sang seiyuu Kurisu, juga Hanazawa Kana, seiyuu dari Mayuri. Beberapa bintang tamu yang pernah "datang" ke acara ini yaitu Kobayashi Yuu, seiyuu Ruka, dan juga Yamamoto Ayano, seiyuu dari Tenouji Nae. Show terakhir acara ini disiarkan tanggal 30 Oktober 2009.
Selain itu, CD khusus yang berisi show spesial Comiket bersama Momoi Haruka, seiyuu dari Feiris Nyannyan, dirilis tanggal 29 Desember 2009. Selain itu, tanggal 3 Februari 2010 sebuah bundel yang berisi rekaman show-show radio, show di Comiket, dan CD soundtrack Steins;Gate, diluncurkan ke pasaran.
Tanggal 26 September 2009, sebuah adaptasi manga dari Steins;Gate juga diserialisasikan di majalah Monthly Comic Alive mulai dari edisi November 2009 oleh mangaka Yomi Sarachi. Manga kedua dari adaptasi Steins;Gate berjudul Steins;Gate: Boukan no Rebellion juga diserialisasikan di majalah Monthly Comic Blade edisi Februari 2010. Selain itu, sebuah buku berisi informasi yang berkaitan dengan Steins;Gate juga diterbitkan oleh Enterbrain tanggal 26 Februari 2010.
Drama CD dari Steins;Gate juga dirilis tanggal 31 Maret 2010, 28 April 2010, dan terkahir tanggal 2 Juni 2010. Drama CD pertama Steins;Gate mengambil alur cerita kesepuluh dari Kurisu.
Tak tanggung-tanggung, Shikura Chiyomaru juga mengumumkan bahwa Steins;Gate akan diadaptasi menjadi anime dalam waktu dekat. Hal ini dipertegas dengan pemberitaan di majalah Newtype dan Comptiq edisi September 2010.
Music of Steins;Gate :
* "Sky Clad no Kansokusha"/ "Sky Clad Observer" composed by Shikura Chiyomaru for the opening, released on 28th of October 2009
* "Another Heaven" composed by Suda Yoshihiro for the first ending
* "Unmei no Farfalla" composed by Hayashi Tatsuhi for the second ending, sung by Sakakibara Yui, released on 25th of November 2009
* "Technovision" sung by Itou Kanako for the insert song
* "Gate of Steiner"
CD soundtracknya dirilis tanggal 3 Februari 2010. Semua BGM dan versi pendek dari lagu-lagu tersebut juga dimasukkan ke dalam Soundtrack CD-nya.
Afterwards from writers:
"Sugoiii!!!!!!!!!!!! Visual game yang satu ini tuh keren keren keren banget!!! hii-chan bener-bener suka sama Kurisu, eh, Steins;Gate deh!!! Ceritanya serius, tapi nggak ngebosenin karena banyak banget kejutan-kejutan di visual novel ini. Pokonya, gak nyesel banget kalo main game ini!! Soundtracknya juga keren-keren, dan hii-chan ga sabar buat liat versi anime dari game yang satu ini. Selain itu, visual novel ini juga 'majang' seiyuu-seiyuu papan atas yang hii-chan suka, misalnya Hanazawa Kana n Miyano Mamoru. Pokoknya lengkap dah!!!!! Jangan lupa mainin game-nya, n tonton animenya yaa…"

3 komentar:

Fumiya Shinji mengatakan...

kira2 ending di anime sama seperti true ending di visual novel ga ya?

Fumiya Shinji mengatakan...

kira2 ending di anime sama seperti true ending di visual novel ga ya?

Kiriko Hinamori mengatakan...

mungkin (?) coba aja tonton animenya :)
hii-chan belom nonton sampe abis sih.