Sabtu, 12 Desember 2009

katekyo hitman reborn!!!!


Katekyō Hitman REBORN!, atau di beberapa negara dikenal juga dengan nama Reborn! saja, adalah manga dan anime karya Akira Amano yang berjenis komedi dan action.

Manga ini diterbitkan di Jepang oleh Jump Comics milik Shueisha dan muncul secara berseri di dalam majalah Weekly Sjonen Jump. Sebuah adaptasi anime juga telah dibuat dan ditayangkan perdana di jaringan televisi Jepang TV Tokyo. Serial anime ini ditangani pembuatannya oleh Artland.

Hak cipta serial ini di Amerika Serikat dimiliki oleh Viz Media dan rating yang didapatnya adalah remaja.

Ceritanya : Sawada Tsunayoshi atau Tsuna adalah murid SMP Namimori. Payah dalam pelajaran, lemah dalam olahraga sehingga dijuluki Dame Tsuna. Suatu hari, Ibu Tsuna (Sawada Nana) mendapat kiriman brosur tentang home tutor (katekyoshi) dan langsung menerimanya. Tetapi home tutor yang muncul adalah sesosok bayi berjas hitam yang memperkenalkan diri sebagai Reborn, hitman khusus yang datang dari Italia untuk mendidik Tsuna sebagai calon Vongola X (Vongola Decimo/Vongola Juudaime). Dengan kata lain, Reborn hendak menjadikan Tsuna menjadi pemimpin Vongola Family (keluarga mafia Vongola). Tsuna tentu saja tidak percaya dan mati-matian menolak, namun kemauan serta kekuatan Reborn lebih kuat sehingga ia hanya bisa pasrah dibawah didikan Reborn. Dengan didikan Reborn yang keras, Tsuna mempelajari segala sesuatu yang perlu diketahuinya sebagai mafia, termasuk Shinukidan (Dying Will Bullet) dan Shinuki no Honoo (Dying Will Flame) yang merupakan kekuatan yang hanya dimiliki anggota keturunan Vongola secara turun temurun.

Reborn juga mulai menarik orang-orang untuk masuk ke 'keluarga' Tsuna. Yang pertama bergabung adalah Gokudera Hayato, murid pindahan dari Italia. Gokudera yang awalnya hendak membunuh Tsuna karena perebutan jabatan Vongola X malah berbalik mengabdi padanya gara-gara Tsuna menolongnya dari kegagalan jurusnya yang dapat menyebabkan ia terbunuh. Orang berikut yang ditarik adalah teman sekelas Tsuna, Yamamoto Takeshi, bintang klub baseball yang mau bunuh diri karena cedera pada tangannya. Namun Tsuna mencegahnya dan menasihatinya bahwa sayang sekali harus mati sekarang. Setelah itu mereka berteman akrab.

Tanpa peduli protes Tsuna, Reborn terus merekrut orang-orang di sekitar Tsuna, seperti Sasagawa Ryouhei. Tidak tanggung-tanggung Reborn menjebak Tsuna agar berhadapan dengan Hibari Kyouya, ketua komite disiplin yang ditakuti seantero sekolah bahkan mungkin sekota karena Hibari dinilai kelak akan sangat beguna bagi Vongola di masa depan.

Sekeras apapun Tsuna menghindari hal-hal yang berbau mafia, justru semakin sulit ia kabur karena kemunculan orang kalangan mafia dihadapannya. Salah satunya Dino Cavallone, pemimpin Cavallone Family juga murid Reborn sebelumya; Lambo, hitman berumur 5 tahun dari Bovino Family yang menyebut dirinya sebagai rival Reborn tetapi Reborn sendiri tidak pernah menanggapinya karena ia jauh lebih lemah darinya; Bianchi, dikenal dengan posion cookingDr. Shamal, dokter sekaligus hitman yang terkenal dengan jurusnya Trident Mosquito dengan berbagai jenis penyakit serta sangat menyukai perempuan sehingga ia bertekat hanya mengobati pasien perempuan (walau terkadang dia membuat pengecualian kepada Tsuna dan Gokudera); serta Ranking Fuuta, yang disebut-sebut memiliki perhitungan ranking yang mendekati 99% ketepatannya. Kehidupan tenang yang Tsuna jalani sehari-hari berubah total setelah terlibat dengan mafia. miliknya juga kakak perempuan Gokudera;

Sebagai calon kepala Vongola, sudah jamak Tsuna menghadapi serangan atau ujuan dari kalangan mafia yang penasaran padanya termasuk Vongola sendiri. Tapi pertempuran melawan gang SMP Kokuyou adalah kasus berat pertamanya. Semua ini dimulai dari serangan terhadap murid Namimori oleh murid Kokuyou. Sekilas korban penyerangan dipilih secara acak, tapi Reborn sadar bahwa mereka adalah orang-orang yang terdapat pada list murid terkuat Namimori milik Fuuta. Hibari yang menyadari segalanya pergi menghabisi bos lawan, tetapi ia berhasil dikalahkan karena penyakit Sakura-nya (didapat dari Shamal) yang tidak disadarinya tetapi digunakan untuk membuatnya tidak bisa bergerak oleh bos lawan.

Berkat info dari Dino, diketahui otak dari penyerangan tersebut adalah Rokudou Mukuro, pelaku kriminal yang lari dari Italia bersama teman-temannya. Timoteo, Vongola IX (Vongola Nono/Vongola Kyudaime) memerintahkan Tsuna menghentikan gang Kokuyou. Tsuna menolak terlibat, tapi Reborn mengingatkan bahwa korban akan terus bertambah, termasuk Gokudera dan Yamamoto bahkan Ryouhei sudah menjadi korban, kalau dia terus menghindar. Ditambah lagi mereka harus menyelamatkan Fuuta yang disandera mereka. Didampingi Yamamoto, Gokudera, Bianchi, dan Reborn, Tsuna pergi ke Kokuyou Center, markas gang Kokuyou.

Kedatangan mereka disambut oleh musuh-musuh yang telah dipersiapkan Mukuro (Joushima Ken, M.M., Birds dengan Twins, serta Lancia). Setelah bertempur mati-matian, Tsuna dkk berhasil mengalahkan anak buah Mukuro satu persatu. Yamamoto yang pingsan karena serangan musuh terakhir, Lancia yang awalnya disangka sebagai Mukuro, ditinggalkan di tempat aman, sementara Tsuna, Reborn, Bianchi, dan Gokudera masuk ke Kokuyou Healty Land, tempat Mukuro yang asli berada.

Di dalam gedung mereka kembali dihadang anak buah Mukuro. Gokudera menyuruh mereka mencari Mukuro, sementara dia menghadapi lawan , Kakimoto Chikusa, sekaligus membalas kekalahannya yang sebelumnya yang membuat ia terluka parah. Dalam ruangan di lantai 3, Tsuna kembali bertemu murid Kokuyou yang dikiranya sandera dan Fuuta. Bianchi yang pertama kali sadar bahwa murid itu adalah Mukuro. Tetapi terlambat karena Fuuta yang dikendalikan Mukuro berhasil melukai Bianchi sampai tidak sadarkan diri, walau Tsuna berhasil menghentikan Fuuta sebelum ia juga terkena serangan Fuuta. Ternyata Mukuro memancing Tsuna karena ingin menguasai tubuhnya untuk menguasai dunia terutama menghancurkan mafia yang dibencinya. Tsuna berjuang seorang diri karena Reborn berjanji kepada Kyudaime bahwa dia tidak akan ikut campur tangan pada pertempuran muridnya.

Menghadapi Mukuro bukan hal mudah karena lawannya menguasai ilusi tingkat tinggi. Juga dapat mengendalikan tubuh orang lain sekaligus menggunakan kemampuan orang tersebut hanya dengan pikiran. Dengan kemampuan ini Mukuro merasuki Gokudera, Bianchi, dan Hibari sehingga Tsuna hanya bisa menghindar.

Ternyata masa-masa krisis antara hidup dan mati seperti ini juga dialami oleh Dino. Saat-saat tersebut merupakan ujian yang diterima murid Reborn sesaat sebelum mereka naik tingkat. Hal ini ditandai oleh kelainan pada Leon partner Reborn yang terus menerus berubah-ubah sampai pada bentuk kepompong, bentuk terakhir.

Di saat Tsuna benar-benar terjepit. Reborn menyadarkannya apa yang sebenarnya ingin ia lakukan, dan ternyata Tsuna ingin mengalahkan Mukuro bukan melarikan diri karena Mukuro telah melukai teman-temannya. Saat kemantapan hati Tsuna tersampaikan, Leon menghadiahkan Tsuna sepasang sarung tanga wol berlambang angka 27 serta di dalamnya special bullet yang bahkan Reborn sendiri belum pernah melihatnya. Pada akhirnya Reborn mencoba-coba menembakkan peluru itu dan hasilnya Tsuna dalam keadaan Hyper mode dimana kemampuan bertarungnya jauh lebih tinggi dan tenang. Hal ini membalikan keadaan karena kemampuan bertempur yang jauh meningkat, terutama Hyper Intuition yang membantunya bertempur serta menggagalkan ilusi Mukuro. Tsuna dapat menyelamatkan Gokudera dan Bianchi dari pengaruh Mukuro, serta mengalahkan Mukuro dan menyucikan aura jahatnya.

Ken dan Chikusa tetap berjuang melawan Tsuna walau dalam keadaan terluka berat dan telah dimanfaatkan oleh Mukuro seperti alat, karena Mukuro telah membebaskan mereka dari takdir mereka sebagai kelinci percobaan keluarga mafia mereka. Walau akhirnya mereka, semua anggota gang Kokuyou dibawa Vindice, organisasi yang mengadili kejahatan yang tidak dapat diadili oleh hukum biasa. Semua berakhir dengan tenang.

4 komentar:

lintang mengatakan...

love KHR!!!!

Firdha Yustiana mengatakan...

kiriko hinamori??? tinggal tulis handayani lintang purwaning ayu aja susah amat?!

Firdha Yustiana mengatakan...

kiriko hinamori??? tinggal tulis handayani lintang purwaning ayu aja susah amat!

Firdha Yustiana mengatakan...

kiriko hinamori??? tinggal tulis handayani lintang purwaning ayu aja susah amat!